Reaksi terhadap penunjukkan Gary Neville di Valencia

7-gary-neville

Penunjukkan Gary Neville di Valencia disambut dengan berbagai kejutan, skeptisme dan dukungan di Spanyol dan di salah satu koran lokal, kebingungan.

Di halaman depan harian asal Valencia Las Provincias hari Kamis lalu, Neville, yang memenangkan 85 pertandingan untuk Inggris dan sekarang asisten pelatih dari Roy Hodgson, digambarkan sebagai seorang Skotlandia.

Headline koran mereka berjudul penunjukkan Neville “pertaruhan yang berisiko” oleh pemilik Valencia Peter Lim, sebelum menambahkan: “The Scot, mitra bisnis dari pemilik, mencatatkan debutnya sebagai manajer di Valencia.”

Mantan analis Sky Sports ini berharap menghindari rasa malu yang sama ketika dia mengambil alih pertandingan pertama Valencia menghadapi Lyon dalam Liga Champions hari Rabu nanti.

Di antara pendukung Valencia, reaksi terhadap kedatangan Neville dalam kontrak lima bulan ini bercampur. Dalam sebuah pemungutan suara online oleh Las Provincias, 76,5 persen pembaca menganggapnya sebagai penunjukkan yang buruk, tetapi ada respons yang lebih positif dalam Superdeporte, harian olah raga ternama di kota itu.

Superdeporte bertanya kepada pembaca apakah mereka yakin terhadap penunjukkan Neville, dan 71 persen dari 3000 pemilih mengatakan ya. Halaman depan mereka, sementara itu, dihiasi dengan kata “Ya kita bisa”. Di bawahnya, tertulis: “Masuknya karakter ke dalam sebuah tim yang akan membawa kita maju dengan dukungan dari seluruh penduduk Valencia.”

Menurut pakar sepak bola Spanyol Guillem Balague, akan tetapi, kebanyakan fans Valencia mengharapkan penunjukkan yang lebih. “Keputusan mendaratkan Gary Neville berisiko karena fans mengharapkan nama besar seperti Frank Rijkaard, yang masih belum mau pensiun, atau Michael Laudrup,” katanya.

Neville masih harus belajar bahasa Spanyol supaya memiliki komunikasi yang lebih baik dengan pemainnya, tetapi Balague merasa menghidupi harapan fans Valencia akan jadi tantangan yang lebih besar ketimbang mengatasi hambatan bahasa.

“Saya pikir komunikasi tidak akan jadi masalah karena sepak bola bahasa universal,” katanya. “Masalahnya adalah ekspektasi fans. Dia perlu berpolitik dan juga bermain sepak bola.”

Pendahulu Neville Nuno Espirito Santo membawa Valencia ke Liga Champions musim lalu, tetapi sekarang mereka ada di urutan sembilan setelah memenangkan lima dari 13 pertandingan pertama, dan nasib mereka di Liga Champions pun di ujung tanduk.